7 Tips Cara Mengatasi Hp Android Lemot Menjadi Bertenaga

Posted on
mengatasi android lemot

Cara Mengatasi Hp Android Lemot – Bagi penguna perangkat elektronik seperti smartphone android, performa adalah hal yang utama. Namun apa jadinya jika Hp android memiliki kinerja yang lemot, pasti sangat menganggu bukan. Sebenarnya produsen Hp sudah berlomba-lomba untuk membuat perangkatnya menjadi cepat. Tapi semua tergantung dari para pemakainya merawat Hp masing-masing.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hp android menjadi lemot, seperti menginstall banyak aplikasi, tidak membersihkan file sampah, dan menjalankan banyak aplikasi. Jika hal diatas kamu lakukan semua pasti kamu akan merasakan lag dan lemot pada android.

Cara mengatasi Hp android lemot

Jika kamu mengalami lemot pada hp, pasti tak lepas dari yang namanya lag. Oleh karena itu kamu harus menyingkirkan masalah lag dan lemot dengan tips yang bisa kamu simak dibawa ini.

1. Jangan menginstall banyak aplikasi

Menginstall aplikasi baru memang asik, namuan apakah kamu sadar dengan menginstall banyak aplikasi dapat mengurangi kapasitas memori yang ada. Akibatnya file sampah aplikasi tidak dapat ditampung dengan baik, itulah yang menyebabkan lemotnya hp android.

Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa memindahkan data aplikasi ke kartu memori eksternal jika ada. Tapi masalah sebenernya dapat di atasi dengan menguninstall aplikasi yang tidak perlu.

2. Menggunakan tema default

Mempercantik tampilah hp sering kita lakukan, contohnya menginstall launcher untuk membuat tema yang keren. Hal tersebut sebenarnya harus kamu hindari, masalahnya menginstall tema lain akan memakan ruang penyimpanan dan RAM. Sehingga menyebabkan hp menjadi lemot, sebaiknya kamu menggunakan tema bawaan saja karena lebih ringan dan tidak membebani Hp.

3. Membersihkan cache aplikasi

Berapa banyak kamu membuka aplikasi perharinya? saya yakin pasti puluhan kali. Aplikasi yang sudah terbuka akan meninggalkan cache yang bisa berdampak tidak baik pada Hp android.

Cache bisa menyebabkan lag saat membuka aplikasi, solusinya adalah menghapus cache. Kamu bisa menggunakan aplikasi penghapus cache atau menggunakan fitur bawaan Hp.

4. Update OS

Setiap smarphone android pasti selalu didukung dengan update dari produsennya. Manfaatkanlah fitur ini untuk mengoptimalkan kinerja hp. Dengan mengupdate OS berarti kamu sudah memperbaiki bug yang ada pada hp sebelumnya yang menyebabkan android menjadi lemot.

5. Stop aplikasi tidak terpakai

Sering kali kita selalu mengaktifkan banyak aplikasi dan lupa untuk menutupnya, dampak buruk jika tidak mematikan aplikasi tidak hanya pada lemotnya hp android. Tapi juga bisa menyebabkan hp panas dan baterai menjadi cepat habis.

6. Istirahatkan Hp android

Setelah kamu bermain lama dengan Hp android bukan tidak mungkin kamu akan merasakan yang namanya lemot dan lag. Jika hal tersebut tetap kamu paksakan akan membuat aplikasi tertutup sendiri. Solusi terbaik yaitu menginstirahatkan Hp untuk beberpa menit. Cobalah untuk menonaktifkannya agar semua fungsi kembali normal.

7. Factory reset

Cara factory reset di semua android masih menjadi senjata ampuh untuk mengatasi hp lemot. Factory reset dilakukan untuk membersihkan berbagai file aplikasi dan modifikasi lain yang telah kamu pasang di Hp android.

Itulah beberapa tips mengatasi hp android lemot yang dapat kamu lakukan. Intinya kamu harus menjaga hp android jangan penuh memorinya dan jangan memasang hal-hal aneh yang bisa membuat smartphone manjadi terbebani.

2 thoughts on “7 Tips Cara Mengatasi Hp Android Lemot Menjadi Bertenaga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *